STM BOENDA KANDOENG 1964 Jakarta Selatan 806(ZOOM)-75(WAF)-616(CUS)-52(TOS)-687(MOR)-63(DOS)-900(BGR)-P.54(GRL)-700(KRL)-614(MOS)

Rabu, 26 September 2012

Tawuran Pelajar SMA 6 dengan SMA 70

Rabu, 26 September 2012 | 12:09 WIB

Masih ingat Gilang Perdana? Pelajar SMA 6 yang sangat bangga telah memukuli wartawan Trans7 Oktaviardi. Itu terjadi saat Oktaviardi meliput tawuran pelajar SMA 6 melawan SMA 70 pada September 2011.

Dan pada Senin kemarin, 24 September 2012, tawuran antarpelajar SMA kembali pecah di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan,  Pesertanya lagi-lagi para siswa dari SMA 6 dan SMA 70. Seorang pelajar SMA 6 bernama Alawy Yusianto Putra, meninggal sebagai korban. Tiga orang lagi luka-luka.

Perkelahian siswa SMA 6 dan SMA 70 sudah berjalan cukup lama dari generasi ke generasi. Kedua institusi pendidikan itu sebenarnya termasuk sekolah favorit.

Pada 5 Oktober 1981, di kawasan Bulungan ada tiga SMA yaitu 6, 9 dan 11. Ketika itu terjadi sering terjadi tawuran antara siswa SMA 7 dan SMA 9. Untuk meredakan aksi kekerasan itu, kemudian kedua sekolah digabung menjadi SMA 70.

Sejak itu, perkelahian antarapelajar di seputaran Bulungan menjadi reda. Era 1990-an, perkelahian bergeser ke wilayah lain di Jakarta danpinggiran ibukota, biasanya melibatkan pelajar STM dan sekolah swasta.

Entah mengapa, setelah era 2000-an, muncul lagi tradisi tawuran di seputaran Bulungan yang melibatkan SMA 6 dan SMA 70, bahkan sampai menelan korban meninggal. Pembicaraan tentang kekerasan di kalangan pelajar tersebut menjadi pembicaraan yang cukup hangat di media massa dan jejaring sosial.

Sebagaimana diberitakan Solopos.com sebelumnya polisi mengungkapkan terduga pelaku pembacokan siswa SMAN 6, Alawy Yusianto Putra, adalah FT, siswa SMAN 70, yang memiliki catatan kriminal dan dua kali tidak naik kelas meskipun sekolahnya kategori unggulan.

Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Hermawan mengatakan kepolisian tengah mengejar FT yang diduga kabur setelah melakukan pembacokan Awaly. Namun, polisi telah mengamankan barang bukti tindakan kriminal tersebut.

“Yang diduga pelaku berinisial FT, itu umurnya sudah dewasa dan dua kali tidak naik kelas,” ujarnya kepada pers di Jakarta, Selasa (25/9/2012).

Dia mengungkapkan FT memiliki catatan kriminal yang mengakibatkan korban meninggal dunia. Menurutnya, FT pernah disangkakan pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan bersama-sama dan pasal 351 KUHP tentang pengeroyokan yang mengakibatkan korban meninggal dunia.

Namun, dalam kasus tersebut FT lolos dari jerat hukum. Anehnya pelapor mencabut tuntutan kepada FT. Tak ada penjelasan kenapa pelapor melakukan pencabutan tuntutan. “Cuma pelapornya mencabut laporan dan gugatannya,” kata Hermawan.

Kali ini FT kemungkinan dikenai tuntutan yang hampir sama, yakni pasal 170 KUHP ayat 2 dengan ancaman 12 tahun penjara. Selain itu, pasal 351 ayat 3 karena menyebabkan korban meninggal dunia dengan ancaman 7 tahun penjara dan pasal 338 dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

“Saksi yang lihat pembunuhan itu cuma 1 orang, tidak terlihat orang lain yang memukul korban. Makanya pasal 338 yang dimasukkan. Kalau pasal 170 itu kan bersama,” terangnya.

Perkelahian  antara siswa SMAN 6 dan SMAN 70 Jakarta pecah di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Senin (24/9/2012). Tawuran itu menyebabkan Alawy, 15, siswa SMAN 6 kelas X, tewas akibat luka sabetan benda tajam di bagian dada.

Padahal Alawy tidak melakukan tawuran. Dia tengah makan di sekitar lokasi. Pada saat kejadian, dia mencoba menyelamatkan diri bersama temannya. Namun, siyalnya siswa belia itu terjatuh dan ditebas oleh FT.

Polisi saat ini masih memburu FT yang diduga kabur setelah melakukan pembacokan. Namun, polisi telah mengamankan golok yang diduga dipakai melakukan pembacokan.

“Pelaku sampai sekarang belum ketangkap. Posisi dia di mana, itu belum diketahui. Sekarang polisi sedang memburu pelaku,” kata Hermawan.

Apabila FT pernah melakukan tindakan kriminal dan tidak naik kelas, tentu kontradiksi dengan status SMAN 70 yang berstatus sekolah unggulan. Pasalnya siswa apabila tak naik kelas sekali bakal diminta keluar, sesuai dengan perjanjian awal masuk sekolah.(SOLOPOS/api)

1 komentar:

  1. TEGUH KRESNO HUTOMO JAKARTA 22 NOVEMBER 1986 |
    🇷🇺 STM,SMA NGERI BOENDA KANDOENK🇷🇺 ALLBASE KING OF JAKSEL.
    💈🦋🥋🛹⚒🗡🎬

    STM BUNDA KANDUNG 1964 JAKARTA TPM1 2012 . . 806 ZOOM “Zona Oraganization Of Manggarai” 687 MOR “Member Of Ragunan” 616 CUS “Cipedak Untuk Santai” 63 DOS “Depok Orang Santai” 75 WAF “We Are Friend” 52 TOS “Timur Of Slow” 625 MOP “Member Of Poltangan” 700 “TRAIN” 900 BOM “Bogor Orang Merdeka” 54 “Grogol” 614 “WOW” . . #stmbundakandung #

    SMA BUNDA 64 KANDUNG
    @SMA_1964

    Sma bunda kandung biar dikit bikin penyakit ► tidak ada kata pulang sebelum Menang ini lah kami SMA bunda kandung.. ALL base 616 625 614 757 p.54 63 806 900 KRL

    STM BUNDO KANDOANG 806 ZOOM
    { zona organitation of mother } rute bis STM/SMU BK yang bersejarah dan melegenda dari 1995 hingga 2015 terkenal ribut tawurannya bikin onar diJakarta dan lulusannya yang berani dan kuat terletak diJl.PalapaRaya nomor 3 Pasar Minggu sekolah yang bergelar King Of South/ Raja dari Selatan ini bisa dijangkau
    Tj.Barat-Poltangan-Ps.Minggu
    -Pomad-Empang3-MampangPrapatan
    -Pancorant-Tebet-Manggarai
    -Pegangsaan-IstiQlaL-Ps.Baru

    SMA BUNDA KANDUNG 63 DOS
    {Depok Orang Santai-Style-Slow} merupakan rute bis yang melewati Mall.Depok hingga Panglima Polim bus Kopaja 63 ini secara tidak langsung tidak melewati markas besar BK di Poltangan Pasar Minggu karena bis 63 melewati Cilandak belok kiri di Jagakarsa jika dari Depok ke Blok-M dan sebaliknya bis 63 ini kembali melewati Cilandak utk ke Depok sehingga tidak lewat BK hanya saja mungkin dulu Kopaja Nam-Tiega ini sempat melewati PasarMinggu ke Pancorant lalu Senayan untuk ke Blok-M nya dan baliknya lewat Pasming lagi , itu dulu sebelum 1999 basis 63 lewat BK …BHEKHA 63 ini biasanya gabung dengan basis
    900 BOM dan 700 KRL / Bogor Orang Merdeka / Bekasi
    untuk pulang dengan Kereta Api Indonesia dari PasMing-Tj.Barat-PasMingBar
    Tawuran BK63DOS ini sudah tak diragukan lagi bila dilihat
    atau juga para siswa petarung yang biasa ribut one by one
    STM/SMK/SMA/SMU BK tersebut memiliki Rival seperti:
    1.STM TELADAN 305
    2.STM PENERBANGAN 616
    3.STM 14 DESEMBER
    4.STM KARYAGOENA 325
    basis 63 Depok Orang Santai ini juga memimpin basis gabungan lainnya seperti 680616063.543.KRL sudah ada yang mati karena sekolah disini ataupun dikeluarkan sekolah dropout karena kasus masalah yang bertentangan dg kedisiplinan sekolah .

    🏴󠁧󠁢󠁳󠁣󠁴󠁿 SMA BUNDA KANDUNG 63 DOS. 🏴󠁧󠁢󠁳󠁣󠁴󠁿 SMA BUNDA KANDUNG JAKARTA yang didirikan Tahun 1964 atau 1965 dan merayakan HUT 1 Oktober sekolah yang menjadi unggulan dan pilihan favorit bagi pelajar Jakarta yang ingin melanjutkan jenjang SMU terletak di Poltangan dekat Gereja dan berada di seberang kali, sekolah ini termasuk sekolah dengan peraturan ketat dan disiplin di Jakarta.
    SMA BUNDA KANDUNG JAKARTA memiliki rute bis atau basis seperti
    68 Ragunan,
    806 Pancoran,
    616 Cipedak,
    606 Srengseng,
    63 Depok
    dan mempunyai lawan tawuran seperti
    STM Teladan 305,
    STM Penerbangan 616,
    STM Empat-Blast DC,
    STM Karya Goena 325
    dan mempunyai teman tongkrongan seperti
    SMA Putra Bangsa (PB),
    SMA Soeloeh (Suluh),
    SMA VemJay (Pembangunan Jaya),
    SMA 28 Ragunan (28Stoet),
    SMA BUNDA KANDUNG atau lebih dikenal BK terhitung sekolah terjaga dan aman dari perilaku kriminalisme dan premanisme,
    larangan mabok (Narkoba)
    larangan membawa sajam
    larangan tattoan
    larangan cukuran radikal
    larangan pamer
    larangan telat
    larangan bolos
    larangan berantem
    merupakan ketetapan untuk dapat sekolah disini, diketahui juga dengan nama SMU BUNDA KANDUNG sekolah ini tidak memiliki larangan tawuran seperti sekolah lainnya, boleh tawuran asal dalam jarak 1 kilometer dari sekolah, dulu BK di Jakarta terkenal lulusannya susah dapat kerja karena terkenal tawurannya, tapi sekarang BK sudah mulai menuai prestasi demi prestasi untuk lebih dikenal akan pelajarnya yang memiliki pendidikan dan keberanian juga karakter pelajarnya yang berani dan kuat.
    Disekolah ini juga diutamakan Ilmu Agama, dibina akhlaknya, dijadikan pribadi mulia dan jujur.
    Bukankah
    Khalifah Ali Bin Abi Thalib RA / Ali Ibnu Abi Thalib KW
    berkata (hadis)
    ILMU AGAMA LEBIH BAIK DARIPADA HARTA DUNIA

    BalasHapus